Berapa Harga Charger Mobil Listrik untuk di Rumah?

Kisaran Harga Mobil Listrik Indonesia
March 29, 2020
Show all

Berapa Harga Charger Mobil Listrik untuk di Rumah?

Charger mobil listrik yang ada di Indonesia

Kemajuan teknologi mendorong manusia untuk melakukan inovasi baru yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah mobil listrik. Mobil satu ini ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar minyak. Oleh karena bahan bakarnya adalah listrik, sama seperti perangkat elektronik lainnya, mobil listrik pun membutuhkan charger mobil listrik.

Untuk mengisi daya mobil listrik, pemilik mobil bisa memanfaatkan charger mobil listrik Indonesia di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) dan SPLU (Stasiun Penyedia Listrik Umum) yang sudah tersebar di beberapa titik di berbagai daerah. Di Jakarta saja, sudah ada 1.922 SPLU.

Ternyata recharge mobil listrik juga bisa dilakukan di rumah. Hanya saja kamu perlu merogoh kocek yang lumayan untuk memasang charger mobil listrik murah di rumah. Ada banyak komponen yang diperlukan, dan menambah daya listrik rumah agar listrik tidak padam saat charging mobil listrik dibarengi menggunakan elektronik lainnya.
Charger mobil listrik yang ada di Indonesia

Dana yang harus dipersiapkan untuk memasang charger mobil listrik di rumah

Memiliki sebuah charger untuk mobil listrik di rumah sendiri memang akan sangat memudahkan pemilik mobil listrik. Pemilik bisa mengisi penuh baterai mobil listrik semalaman untuk digunakan esok hari. Tapi, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya biaya pembelian charger mobil listrik Indonesia.

Untuk melakukan isi ulang daya mobil listrik di rumah, diperlukan charger mobil listrik yang ditempatkan di dinding garasi mobil yang biasa disebut wall charging. Tidak seperti handphone atau laptop yang bisa langsung dicolokkan ke stop kontak di rumah, charger mobil listrik murah memerlukan adaptor khusus di dinding.

Tapi tenang, kamu tidak perlu membeli sendiri semua komponen yang dibutuhkan untuk charger mobil listrik di rumah, sudah ada perusahaan yang menyediakan charger mobil listrik Indonesia dan menyediakan jasa pemasangan di rumah. Harganya menyesuaikan dengan range kapasitas pengecasan. Ada bermacam-macam range mulai 4,5 kW, 11 kW, hingga 22 kW.

Harganya mulai 20 juta hingga 50 juta. Harga ini sudah tergolong murah. Bahkan untuk sebuah charger untuk mobil listrik dengan fitur fast charging ada juga yang mencapai ratusan juta. Daya listrik rumah yang dibutuhkan untuk bisa digunakan charging baterai mobil listrik harus diatas 900 watt. Karena daya 4,5 KW sudah sangat besar untuk daya listrik 900 watt.

Hal yang perlu diperhatikan saat akan memasang charger mobil listrik di rumah

Untuk daya listrik rumahan 1300 watt saja charging mobil listrik tidak bisa dilakukan bebarengan dengan menggunakan alat elektronik lainnya karena bisa menyebabkan listrik mati seketika. Maka perlu adanya peningkatan daya listrik 1 hingga 2 kW agar listrik di rumah aman. Atau bisa juga dengan cara charging mobil listrik di jam istirahat.

Jam istirahat yang dimaksud adalah ketika banyak alat-alat elektronik seperti TV, lampu, dan lainnya sudah tidak digunakan. Misalnya jam 10 malam keatas, alat elektronik selain lampu luar rumah dan kulkas sudah dimatikan semua. Barulah daya listrik rumah bisa dipakai untuk charger sebuah mobil listrik.

Nah, itulah hal-hal yang bisa menjadi pertimbangan kamu saat akan memasang charger mobil listrik murah di rumah baik dari segi biaya maupun penggunaan daya listrik. Intinya, kamu harus menyediakan dana puluhan juta untuk memasang sebuah charger untuk mobil listrik di rumah.

Jangan lupa untuk menambah daya listrik rumahan agar listrik di rumah kamu bisa digunakan untuk charging mobil listrik ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Punya Pertanyaan?